Biaya Sumur Bor 30 Meter Bandung dan Rinciannya Lengkap!

Biaya sumur bor 30 meter Bandung perlu sobat pertimbangkan ketika membangun hunian atau menambah sumber air yang sudah ada di rumah. Sobat yang tinggal di kota besar seperti Bandung dan bermukim di perumahan, biasanya berlangganan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau Perusahaan Air Minum (PAM). Namun karena keterbatasan jaringan, tidak semua bisa dilayani.

Memiliki sumur sendiri tentu membantu mencukupi kebutuhan air sehari-hari yang sangat penting. Untuk keperluan mandi, mencuci, menyiram tanaman dan sebagainya. Hampir semua aktifitas manusia membutuhkan air.

Biaya Sumur Bor 30 Meter Bandung Berapa? Ini Jawabannya.

Pembuatan sumur umumnya menggunakan dua cara yaitu dengan menggali dan mengebor. Mencari sumber air dengan cara menggali sudah dilakukan sejak zaman dahulu dan masih banyak ditemui di pedesaan. Proses membuat sumur galian sangat sederhana, menggunakan tenaga manusia untuk menggali tanah secara manual pada kedalaman tertentu hingga menemukan mata air.

Sementara sumur bor, proses pembuatannya dengan cara mengebor tanah dengan menggunakan mesin canggih. Kedalaman pengeboran sumur bervariasi mulai 20 meter hingga 150 meter. Untuk daerah kota atau perumahan biasanya membutuhkan kedalaman 30 meter. Sobat yang tertarik menggunakan jasa pembuatan sumur bor bisa menyimak informasi biaya sumur bor 30 meter Bandung dalam artikel ini. 

Biaya pembuatan sumur bor di Bandung bervariasi, tergantung dengan jenis pemakaian diameter pipa, kedalaman dan kontur tanah lokasi pengeboran. Berikut ini estimasi biaya sumur bor di wilayah kota Bandung tahun 2022 berdasarkan diameter pipa pengeboran:

  • Pipa berdiameter 4 inci seharga Rp150.000 per meter untuk pengeboran menggunakan jet pump.
  • Pipa berdiameter 5 inci seharga Rp300.000 per meter untuk pengeboran sumur yang dalam.
  • Pipa berdiameter 6 inci seharga Rp500.000 per meter untuk pengeboran sumur yang dalam.

Harga di atas merupakan biaya jasa pembuatan sumur bor saja. Belum termasuk biaya peralatan mesin pompa dan pipa. Untuk biaya keseluruhan, sobat bisa memilih paket lengkap yaitu kelas standar, middle dan high.

Ini bisa Sobat sesuaikan dengan rekomendasi dari tukang atau ahlinya, dan kebutuhannya untuk apa. Misalnya untuk dipakai sendiri atau untuk bisnis seperti Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Berikut ini rincian harga paket pembuatan sumur bor berdasarkan ukuran kedalaman sumur bor:

1. Biaya Jasa Pembuatan Sumur Bor Bandung Paket Standar

  • Biaya sumur bor 20 meter Bandung seharga Rp5.000.000.
  • Biaya sumur bor 30 meter Bandung seharga Rp6.500.00.
  • Biaya sumur bor 40 meter Bandung seharga Rp8.000.000.
  • Biaya sumur bor 50 meter Bandung seharga Rp14.000.000.
  • Biaya sumur bor 60 meter seharga Rp18.000.000

Fasilitasnya meliputi:

  • Pipa berdiameter 4 inci dan 2 inci.
  • Jenis pipa yang digunakan yaitu Rucika AW.
  • Mesin yang digunakan adalah Honora dengan kapasitas daya 250 watt, 375 watt, atau 500 watt

2. Biaya Jasa Pembuatan Sumur Bor Bandung Paket Middle

  • Biaya sumur bor 20 meter Bandung seharga Rp6.000.000.
  • Biaya sumur bor 30 meter di Bandung seharga Rp7.500.000.
  • Biaya sumur bor 40 meter Bandung seharga Rp10.000.000.
  • Biaya sumur bor 50 meter Bandung seharga Rp15.000.000.
  • Biaya sumur bor 60 meter Bandung seharga Rp20.000.000

Fasilitas yang konsumen peroleh yaitu: 

  • Pipa berdiameter 4 inci dan 2 inci.
  • Jenis pipa yang digunakan adalah merek Rucika AW.
  • Mesin yang digunakan yaitu Shimizu atau Wasser dengan kapasitas daya 250watt, 375 watt, atau 500 watt.

3. Biaya Jasa Pembuatan Sumur Bor Bandung Paket High

  • Biaya sumur bor 20 meter Bandung seharga Rp7.500.000.
  • Biaya sumur bor 30 meter Bandung seharga Rp9.000.000.
  • Biaya sumur bor 40 meter Bandung seharga Rp10.500.000.
  • Biaya sumur bor 50 meter Bandung seharga Rp16.000.000.
  • Biaya sumur bor 60 meter Bandung seharga Rp22.000.000

Fasilitasnya mencakup:

  • Pipa berdiameter 4 inci dan 2 inci.
  • Jenis pipa yang digunakan yaitu merek Rucika AW.
  • Mesin yang digunakan adalah Grundfos, Panasonic, atau Sanyo dengan kapasitas daya 250 watt, 375 watt, atau 500 watt.

Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu karena perubahan suku cadang atau alat. Untuk kelebihan kedalaman pengeboran dan tingkat kesulitan kondisi kontur tanah juga akan dikenakan biaya tambahan. Kontur tanah yang memiliki kesulitan tinggi saat pengeboran yaitu tanah pasir atau berbatu. Kontur tanah standar atau yang mudah dibor yaitu tanah liat.

Keunggulan Menggunakan Sumur Bor

Jika dibandingkan dengan sumur galian, biaya sumur bor memang lebih mahal karena menggunakan peralatan canggih. Meskipun relatif tinggi, biaya sumur bor 30 meter Bandung yang sobat keluarkan sepadan dengan hasil dan kualitasnya yang unggul.

Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan sumur bor:

1.      Proses Pembuatannya Lebih Mudah dan Cepat

Proses pembuatan sumur bor cukup mudah dilakukan karena dibantu dengan alat atau mesin. Penggunaan mesin juga membuat pengerjaannya lebih cepat. Biasanya 1 hari atau maksimal 2 hari sudah selesai tergantung dari tingkat kesulitannya. Selain itu kedalaman air juga lebih mudah terpantau, jika mata air muncul maka proses pengeboran akan dihentikan.

Sobat hanya perlu mencari jasa pengeboran air yang terbaik, untuk mendapatkan hasil sumur bor yang bagus.

2.      Tidak Membutuhkan Tempat yang Luas

Sobat tidak perlu menyediakan area yang luas untuk proses pengeboran sumur. Pipa yang digunakan untuk mengebor berukuran kecil dan bisa ditanam. Sobat bisa menempatkan sumur ini dimana saja dan bisa menutupnya secara mudah.

Sumur bor bisa ditempatkan di area yang sempit, misalnya di area sudut halaman rumah. Karena tidak makan tempat, sumur bor ini cocok digunakan di pemukiman padat penduduk atau di daerah perumahan.

Tidak hanya untuk kebutuhan rumah yang berlokasi di perumahan, juga cocok bagi Sobat yang punya bisnis sendiri seperti warung kopi, café, dan sebagainya. Tidak lagi khawatir soal kebutuhan air. Cek selengkapnya mengenai Rincian Modal Usaha Warung Kopi Sederhana

3.      Sumber Air Gratis

Biaya sumur bor 30 meter Bandung hanya mahal di awal pembuatannya saja. Selanjutnya sobat bisa menghemat karena penggunaannya gratis dan tidak perlu membayar biaya setiap bulannya. Biaya yang harus sobat keluarkan hanyalah untuk menggali sumur, listrik untuk pompa air setiap bulannya dan biaya perawatan pompa di rumah.

Punya sumur sendiri juga lebih nyaman jika Sobat memiliki sebuah bisnis yang memerlukan sumber air. Misalnya bisnis kuliner rumahan, punya kost-kostan, dan berbagai Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing lainnya.

4.      Tidak Mudah Tercemar

Keunggulan lain menggunakan sumur bor yaitu tidak mudah tercemar oleh berbagai macam limbah atau hal lainnya. Aliran air akan langsung tersambung dengan pipa PVC atau pipa galvanis sehingga tidak mudah dimasuki oleh beragam limbah. Pipa-pipa yang saling menyambung rapat tanpa menyisakan lubang atau kebocoran mampu menjaga debit air tetap melimpah.

5.      Air Lebih Jernih dan Bersih

Air yang dihasilkan sumur bor lebih jernih dan bersih karena mengambil mata air dari sumber di bawah tanah. Sementara sumur galian memanfaatkan sumber air di permukaan tanah.

Selain sejumlah keunggulan yang dimilikinya, sumur bor juga mempunyai kekurangan yang harus sobat pertimbangkan.  Antara lain penggunaannya yang tergantung pada listrik. Jika kondisi listrik di rumah mati, maka sobat tak bisa menggunakan pompa untuk mengambil air. Untuk mengantisipasinya, sobat bisa menampungnya di toren. Air yang tersimpan di toren dapat sobat manfaatkan ketika mati listrik.

Rekomendasi Kedalaman Sumur Bor yang Terbaik

Setelah Sobat mengetahui rincian biaya sumur bor 30 meter Bandung, ada hal yang tidak boleh diabaikan juga, yaitu mengenai kedalaman sumur bor yang ideal. Tujuannya supaya benar-benar memperoleh air yang berkualitas.

Air yang baik hendaknya layak untuk diminum, untuk bersih-bersih badan, rumah, perabotan, dan lain-lain. Caranya adalah dengan dikerjakan oleh ahlinya dan dengan hitungan yang tepat. Salah satunya perhitungan kedalamannya.

Meskipun tidak ada patokan mutlak, tapia da beberapa acuan yang bisa menjadi pertimbangan, yaitu berkaitan dengan ketinggian tempat tinggal atau tanah.

Jika Tanah Berada di Dataran Rendah

Apabila Anda membuat sumur di area dataran rendah, makan rekomendasi kedalamannya adalah 4 hingga 10 meter.

Alasannya karena di dataran rendah sudah banyak air melimpah. Terlebih lagi jika ada banyak pohon dan sungai di sekitarnya. Air di daerah tersebut biasanya melimpah meskipun hanya dilakukan penggalian yang tidak begitu dalam.

Meskipu begitu, perlu Sobat lihat lagi, jika struktur tanahnya berlumpur pada kedalaman 4 hingga 10 meter, maka bisa menggali lebih dalam lagi. Tujuannya suypaya melewati lapisan bebatuan atau tanah cadas sehingga menghasilkan kualitas air yang lebih baik.

Jika Penggalian Sumur Bor Berada di Dataran Tinggi

Berbeda jika lokasi sumur bor ada di dataran tinggi, maka direkomendasikan menggali lebih dalam hingga 20 meter. Setelah mengetahui biaya sumur bor 30 meter Bandung Sobat bisa memperkirakan butuh budget berapa tentunya.

Meskipun lebih mahal karena harus menggali lebih dalam, namun hasil airnya lebih bersih. Air yang didapat dari kedalaman yang cukup, akan jauh dari pencemaran.

Akan tetapi, semuanya tergantung kondisi tanah dan lingkungan yang ada di sekitar sumur. Apakah merupakan pemukiman atau daerah yang bersih. Misalnya pabrik yang mengasilkan zat kimia, tempat pembuangan sampah, tempat pengeboran minyak bumi, dan sebagainya. Baca: Peluang Kerja Lulusan Teknologi Pangan

Jika merupakan pemukiman biasa, bahkan berada di daerah yang banyak pepohonan yang masih asri, biasanya aman.

Sobat bisa memastikan air yang dihasilkan dari sumur bor berkualitas atau tidak, dengan melihat ciri-ciri sebagai berikut:

  • Jernih
  • Tidak memiliki warna
  • Tidak memiliki rasa
  • Tidak terdapat kandungan zat berbahaya, dan
  • Tingkat keasamannya netral

Cara mengidentifikasinya bisa dengan cara mengeceknya sendiri atau dilakukan oleh ahlinya. Jika semua ciri tersebut ada, maka dapat dipastikan bahwa air sumur yang Sobat miliki sudah baik dan layak pakai. Demikianlah informasi biaya sumur bor 30 meter Bandung dan keunggulan yang dimilikinya. Nah, sobat tertarik membuat sumur bor di rumah? Segera hubungi penyedia layanan jasa pembuatan sumur terpercaya ya!

Sumber:
Rumah.com
Tempatwisatabandung.info
Artikel.rumah123.com

Tinggalkan komentar