Jadwal Pola Makan Sehat Agar Tubuh Bugar Jauh dari Penyakit

Jadwal pola makan sehat merupakan panduan yang penting dalam menjaga imunitas. Tubuh yang fit berawal dari pola makan sehat. Bukan hanya asupan gizi dan jumlahnya saja, tetapi jadwalnyapun harus mendapat perhatian. Kita tidak boleh makan sembarangan agar tubuh tetap fit.

Kesalahan dalam pola konsumsi dapat menyebabkan organ tubuh terpaksa bekerja keras dalam waktu yang kurang tepat. Ini menyebabkan metabolisme kurang maksimal. Begitu juga waktu istirahat bagi organ penting tersebut. resikonya, akan mudah mengalami sakit.

Tips Mengatur Jadwal Pola Makan Sehat

Pengetahuan mengatur pola makan sangat penting. Meski mengonsumsi makanan bergizi namun jika waktunya kurang tepat maka berdampak tidak bagus bagi kesehatan. Sebaiknya mengetahui pada jam berapa saja sebaiknya tubuh mendapat asupan makanan agar dapat terserap sempurna.

Selain itu berkaitan dengan waktu efektif dari organ tubuh untuk bekerja. Selama terjadi penyerapan bahan makanan, akan terjadi reaksi dalam tubuh sehingga sebaiknya aktivitas yang dilakukan pun sesuai. Berikut ini tips mengatur jadwal pola makan sehat yang tepat: 

1. Sarapan Maksimal 2 jam Setelah Bangun Tidur dan Sebelum Jam 9 Pagi

Semua orang pasti setuju bahwa bangun pagi berpengaruh positif bagi kesehatan. Bukan hanya karena kita perlu berkemas, menyiapkan sarapan dan keperluan beraktivitas sepanjang hari. Bangun lebih pagi akan memberi waktu pada organ untuk bersiap sebelum menjalankan berbagai kegiatan.

Pada saat makan, yang bekerja bukan hanya mulut, namun juga organ lain. Fungsi masing-masing organ untuk mencerna, menyerap dan mengalirkan zat makanan membutuhkan kesiapan terlebih dulu. Jam makan yang paling baik adalah sebelum dua jam dari bangun tidur.

Agar selama menjalankan aktivitas, sudah tersedia energi, sebaiknya sarapan sebelum jam 9 pagi. Waktu tersebut merupakan saat dimana tubuh mulai bekerja menjalankan aktivitas sepanjang hari. Dengan sarapan sebelum jam 9, maka makanan yang masuk sudah terserap dan berubah menjadi energi.

2. Menikmat Cemilan 3 Jam dari Waktu Makan Utama

Jadwal pola makan sehat yang juga penting adalah mengonsumsi cemilan. Perut mempunyai alarm yang akan mengingatkan bahwa lambung mulai kosong setelah 3 jam dari sarapan. Begitu juga setelah 3 jam dari makan siang. Pada saat tersebut rasa lapar mulai datang.

Sebaiknya menyediakan cemilan sehat untuk mengganjal perut agar tidak lapar. Namun hindari makanan berat yang akan memaksa lambung bekerja keras untuk mengolahnya. Hal tersebut dapat mendatangkan rasa ngantuk.

3. Makan Siang Jam 12

Waktu awal istirahat merupakan saat yang tepat untuk langsung menyantap makan siang. Pada saat tersebut lambung sudah siap menampung makanan. Selain itu, dengan makan lebih awal, tidak perlu terburu-buru karena harus segera melaksanakan aktivitas kembali.

Segera makan siang, juga memberi waktu pada organ tubuh untuk menyerap dan mendistribusikan semua kandungan bahan tersebut. Dengan demikian, pada saat jam kerja,tubuh sudah kembali mendapat energi yang cukup.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa ketika makan siang, menyantap menu lengkap seperti sayur, nasi, lauk dan buah. Pastikan juga memenuhi kebutuhan cairan. Apabila sebelumnya sempat menyantap cemilan, maka tidak harus menyantap makanan dalam jumlah banyak. Hal ini akan menjadikan organ tubuh tidak harus bekerja maksimal yang menyebabkan mengantuk. 

4. Jangan Lupakan Cemilan Sore

Setelah 3 jam dari makan siang, lambung akan memberi sinyal untuk diisi kembali. ini merupakan saat untuk menyantap cemilan sore. Seperti namanya, cemilan bisa berupa makan ringan yang tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat.

Untuk memenuhi asupan gizi, bisa menjadikan buah sebagai cemilan sehat dan menyegarkan. Pilih buah dengan kandungan air yang tinggi untuk menghilangkan haus sekaligus lapar. Di samping itu juga memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan dapat beraktivitas secara maksimal.

5. Makan Malam Sebelum Jam 8

Jadwal pola makan sehat yang terakhir adalah mengenai jam makan malam yang harus benar-benar diperhatikan. Jika terlalu malam, maka pada saat jam tidur, tubuh masih harus bekerja untuk mencerna, menyerap zat dan mengangkutnya ke seluruh tubuh. Sebaiknya makan malam sebelum jam 8 agar saat tidur semua organ tubuh benar-benar dalam keadaan rileks dan tidak sedang bekerja.

Istirahat ketika perut dalam keadaan penuh tidak baik bagi kesehatan. Pada saat tersebut, organ tidak benar-benar istirahat karena masih harus memproses makanan yang ada di lambung. Jika harus tidur lebih larut dan masih terasa lapar, bisa kembali mengonsumsi buah agar tetap sehat.

Tidak sedikit orang yang menghindari makan malam karena takut gemuk. Padahal sangat penting untuk menyiapkan energi guna beraktifitas esoknya. Selama mengonsumsi makanan dalam jumlah tidak berlebihan dan jenis tepat, tidak akan menyebabkan kegemukan.

Pastikan dalam menu makan tersebut semua berasal dari bahan sehat dan bervariasi untuk memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi. Makan dalam jumlah cukup dan memenuhi kebutuhan gizi sangat penting bagi kesehatan.

Menjaga Asupan Makanan Supaya Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Selain makan sesuai jadwal pola makan sehat yang benar, anda juga harus mengatur nutrisi makanan. Meskipun sudah sesuai jamnya, apabila apa yang anda konsumsi mengandung bahan yang tidak sehat, bisa berdampak buruk bagi tubuh.

P2PTM Kementerian Kesehatan RI menyebutkan tentang kebiasaan yang baik dalam pola makan. Apa saja? Mulai dari meminum air putih sebanyak 8 gelas per hari, mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang banyak, mengonsumsi makanan dari bahan yang masih dalam kondisi segar, cara masak dengan dikukus atau direbus, dan membatasi asupan seperti pemanis buatan, saus, kecap, perasa sintetis, pengawet, dan penyedap rasa atau MSG. Saat membeli makanan perlu membaca label dan kemasan.

Mengingat hal tersebut, anda bisa memulai gaya hidup sehat dengan memperhatikan produk makanan yang dikonsumsi. Salah satunya kebiasaan membeli mie instan diganti yang sehat. Ya, mie instan memang sudah menjadi semacam gaya hidup kita. Maka, supaya sehat, haruslah memilih mie instan sehat seperti Mie Jiwa Pagi sebagai makanan tanpa MSG.

mie instan sehat tanpa MSG Jiwa Pagi

Jiwa Pagi adalah Mie tanpa MSG produk Kobe yang enak tapi bahannya sehat karena terbuat dari sayur, mengandung nutrisi berupa vitamin, zat besi, dan zinc. Kandungan vitaminnya juga beragam, yaitu Vitamin A, B2, B9.

Selain itu, mie instant tanpa MSG Jiwa Pagi juga rendah lemak karena diolah tanpa melalui penggorengan. Jiwa Pagi sesuai bagi anda yang menjalankan diet.

Di mana membelinya? Anda dapat membeli mie instan tanpa MSG Jiwa Pagi di e-commerce berikut ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/kobe-store
Shopee: https://shopee.co.id/kobe.official
Lazada: https://www.lazada.co.id/shop/kobe-mart/
Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/kobeofficialstore

Jadwal pola makan sehat dapat menjaga tubuh agar tetap fit. Dengan demikian, daya tahan tubuh pun maksimal sehingga penyakit tidak mudah menyerang. Selain makanan, jangan lupa untuk menjalankan pola hidup sehat lainnya seperti menjaga kebersihan dan istirahat yang cukup.

Sumber:
Hellosehat.com
Sehatq.com
Health.detik.com

Tinggalkan komentar