7 Cara Menawarkan Catering ke Pabrik, Jitu & Cepat Laris

Setiap pebisnis catering yang menarget sebuah perusahaan pastinya harus menguasai cara menawarkan catering ke pabrik. Pasalnya, konsumen dengan skala perusahaan besar seperti pabrik adalah target yang potensial.

Bayangkan saja, pelanggan dalam jumlah banyak di sebuah perusahaan pastinya akan memerlukan makan yang praktis setiap hari. Apalagi, jika pabrik yang bersangkutan berlangganan. Hasilnya akan lebih menjanjikan lagi.

Meski demikian, bisnis catering pabrik juga harus sesuai dalam berbagai aspeknya supaya usaha kuliner satu ini minimal berjalan sesuai rencana. Bahkan, harapannya bisa laris dan punya omzet besar.

Cara Menawarkan Catering Ke Pabrik Yang Tepat

Lalu, bagaimana sih cara menawarkan catering ke pabrik supaya bisnis Sobat bisa lancar? Yuk simak ulasannya.

1. Pastikan Lokasi Usaha Sudah Sesuai

Kota besar adalah lokasi yang sesuai untuk membuka bisnis catering pabrik. Pastikan tempat membuka usaha ini punya banyak atau minimal beberapa perusahaan.

Apakah itu pabrik minyak, gula, tekstil, atau jika masih sedikit, bisa alihkan ke kantor-kantor. Misalnya universitas, sekolah, dan sebagainya.

Meski demikian, alangkah baiknya jika menyasar pabrik dengan jumlah karyawan banyak.

2. Mulai dari Orang Terdekat

Maksudnya adalah kita cari dulu apakah punya teman atau saudara yang kerja di sebuah perusahaan atau pabrik. Komunikasi lewat teman supaya mengetahui beberapa hal.

Cari tahu dulu berbagai informasi apakah pabrik tempat kerjanya sudah punya langganan catering atau belum. Apakah perusahaan memerlukan tambahan catering, memerlukan menu tertentu.

Lewat orang yang Sobat kenal, pasti menawarkan catering ke pabrik akan lebih mudah.

3. Komunikasi yang Bagus

Setelah mendapatkan jalan lewat orang kita kenal, sebaiknya perhatikan komunikasi. Pastikan bahwa Sobat menyampaikan harapan bekerjasama catering dengan jelas tanpa banyak basa basi. Namun, tidak agresif.

Kerjasama dalam melayani bisnis catering pasti akan berlangsung terus menerus ke depan. Pastikan Sobat memberikan kesan terbaik saat memperkenalkan diri dan bisnis catering box yang Sobat punya.

Meskipun perusahaan sudah punya langganan catering, tidak ada salahnya mencoba. Namun, dengan tujuan mencari tahu barangkali pabrik masih memerlukan tambahan bantuan catering nasi box. Tentunya bukan untuk menyalip jasa catering yang sudah ada.

4. Harga yang Sesuai

Sebelum menawarkan bisnis catering, sebaiknya pastikan harga bersaing. Kalau bisa, punya harga lebih rendah.

Meskipun demikian, tidak semua orang mencari harga murah untuk layanan catering. Jadi, pastikan dulu beberapa poin:

  • Menu apa saja yang diharapkan perusahaan
  • Setelah itu, lakukan perhitungan harga yang sesuai dengan cara menghitung harga jual nasi box
  • Berikan jawaban cepat. Sobat sudah punya perhitungan di awal dan bisa memberikan jawaban jika perusahaan menanyakan harga nasi box dengan variasi tertentu.

Harga paket nasi kotak tidak harus melulu murah, tapi sesuaikan dengan kebutuhan pabrik. Berapa pula budget yang mereka miliki supaya paket menunya bisa menyesuaikan.

5. Tawarkan Rasa yang Lezat

Rasa adalah kualitas utama dalam bisnis kuliner. Tanpa cita rasa yang lezat, pelanggan bisa kabur dan mencari catering lain yang menawarkan menu lebih enak.

Enak tidak harus mahal. Asal resep dan cara memasaknya bagus, maka akan menghasilkan makanan yang lezat.

Sobat bisa menawarkan menu nasi box dengan gambar menarik dan bahkan bisa memberikan sampel gratis supaya calon customer tahu bagaimana rasa masakan yang Sobat tawarkan.

6. Pelayanan yang Terbaik

Pelayanan juga tidak kalah penting. Banyak orang lari dari sebuah usaha kuliner karena layanan karyawan maupun customer service yang tidak ramah.

Pelanggan akan betah jika kita memberikan kenyamanan berupa respon cepat, komunikasi yang baik, jujur, dan ramah.

Bahkan segi pelayanan ini juga perlu kreativitas, lho. Misalnya memberi diskon pada jumlah pesanan tertentu, gift pada hari besar, dan antar makanan tepat waktu juga merupakan pelayanan yang baik.

7. Lakukan Juga Pemasaran Lewat Online

Terakhir, rasanya tidak kalah penting. Mengapa? Saat ini adalah era digital yang menuntut kita untuk hadir dalam media online.

Bisnis akan dikenal lebih luas jika sering update secara online. Bisnis catering bahkan akan nampak lebih profesional jika memiliki sebuah website, akun Instagram, Facebook, dan juga menawarkan lewat e-commerce.

Orang banyak mencari informasi layanan sebuah usaha lewat digital. Bahkan, mencari bisnis catering seperti catering pernikahan lewat Google, catering nasi box juga cari via online untuk kota tempat tinggal mereka.

Misalnya orang Purwokerto akan mencari rekomendasi catering pernikahan Purwokerto. Mengapa? Sekalipun dalam kota yang sama, umumnya orang belum paham seluk beluk bisnis di sekitar mereka. Mana yang terbaik dan mana yang bisa dihubungi dengan cepat, akan berpotensi mendapatkan pelanggan lebih besar dan luas lagi.

Cara menawarkan catering ke pabrik ini bisa Sobat lakukan terutama jika sedang memulai bisnis ini. Tips di atas adalah langkah awal supaya usaha catering pabrik bisa sukses dan untung.

Tinggalkan komentar