Modal 200 Ribu Buka Usaha Apa ? Ini 10 Ide yang Cocok

Sebenarnya modal 200 ribu buka usaha apa saja? Memulai bisnis sendiri terlihat tidak begitu mudah. Banyak sekali yang berpikir harus mempunyai modal besar atau jaringan luas. Namun, tahukah merintis bisnis dengan dana minim juga bisa, kok.

Hal yang penting dari usaha ini berupa niat dan komitmen kuat untuk menjalankannya. Jadi Sobat harus bisa optimis untuk menjalankan usaha dan pantang menyerah.Sudah ada banyak orang yang menjadi inspirasi bisa sukses bisnisnya walau dengan budget sangat kecil. Bahkan, ada yang dimulai dengan puluhan ribu saja.

Modal 200 Ribu Buka Usaha Apa Saja?

Saat ini siapa saja dapat memiliki usaha sendiri. Bahkan, Sobat bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakoni bisnis yang tergolong sederhana. Sudah zamannya bidang entrepreneur maju. Bahkan seorang mahasiswa, karyawan, hingga orang berprofesi dokter muda sekalipun mau memulai bisnis kecil hingga skala besar.

Nah, siapapun Sobat dan berapapun modal yang Sobat miliki, saat ini tidak ada istilah terbatas dalam hal keuangan. Uang 200 ribuan sudah bisa jadi modal yang lumayan. Yuk simak, kira-kira modal 200 ribu buka usaha apa ya?

1. Agen Penjual Pulsa

Pulsa dan berbagai turunannya seperti voucher game, paket data, dan lain sebagainya menjadi produk yang diperlukan banyak orang. Keperluan ini semakin besar, karena dunia digital terus berkembang dan menjadi kebutuhan pokok masa kini.

Agar bisa memulai usaha ini tidak perlu dengan modal besar terlebih dahulu. Hanya dengan modal 200 ribu saja, Sobat sudah bisa memperoleh keuntungan yang menggiurkan.

Umumnya, setiap penjual bisa memperoleh profit yang lumayan, mulai dari 5% sampai 20%. Apalagi bila Sobat bisa memperoleh suplier atau agen yang murah, dan banyak promo yang akan dapat Sobat manfaatkan.

Sobat juga dapat menyasar orang-orang yang memiliki hobi game online. Pasar ini juga sangat besar, dan semakin banyak yang memerlukan voucher game.

2. Content Writer

Banyak sekali mahasiswa yang memiliki skill menulis baik. Modal 200 ribu buka usaha apa ada dihadapan Sobat untuk bisa menjadi seorang content writer. Hal ini karena banyak sekali keperluan di dunia digital untuk mengisi website atau berbagai kebutuhan lainnya.

Banyak sekali bidang kepenulisan yang dapat diisi, mulai dari artikel website, blog, skenario, berita, dan lainnya. Agar bisa mengawalinya Sobat akan membuat portofolio diri terlebih dahulu. Selanjutnya, bisa menawarkan kepada berbagai pihak yang memerlukan.

Penawaran ini bisa berasal dari teman, diposting di media sosial, hanya dengan mengirimkan email ke perusahaan, dan berbagai cara lainnya. Modal 200 ribu buka usaha apa ini juga hanya memerlukan skil menulis, dan kuota internet pastinya. Sementara itu, untuk laptop atau PC biasanya setiap mahasiswa sudah memilikinya.

3. Jadi Youtuber

Seorang mahasiswa atau ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian di bidang teknologi bisa menjajal jadi YouTuber. Apabila Sobat belum menguasai, maka bisa sedikit belajar dan langsung mempraktikkannya.

Sebagian skil yang diperlukan untuk menjadi seorang youtuber seperti publik speaking, editing, serta penulisan. Apalagi saat ini modal 200 ribu buka usaha apa editing di dalam smartphone sudah canggih dan gratis.

Tanpa adanya keahlian khusus, atau bahkan orang awam juga menggunakannya dengan mudah. Sobat hanya perlu mengeditnya sedikit kemudian menguploadnya langsung di akun YouTube.

Bahkan, banyak sekali materi atau konten yang bisa Sobat masukkan dalam video YouTube tersebut. Sobat juga dapat memulainya dari hal yang paling dekat, dan sesuaikan dengan hobi.

Kalau ingin menjalankan sesuatu yang menghasilkan, membuat kontet menarik di YouTube bisa jadi Cara Memutar Uang 300 Ribu paling efektif atau uang 200 ribu juga bisa. Apakah dengan beli bahan untuk jadi konten, properti, dan lain-lain.

4. Jual Kaos Komunitas

Setiap mahasiswa umumnya memiliki jaringan pertemanan yang luas. Ada berbagai macam komunitas seperti aktivis kampus, komunitas hobi, teman jurusan, dan lainnya menjadi modal salah satu aset yang dapat dimanfaatkan.

Sobat juga dapat menjadi seorang promotor untuk pembuatan kaos komunitas. Jadi mulailah dengan membuat desain kaos yang unik sesuai karakter dari komunitas tersebut.

Bisnis kaos ini termasuk Bisnis Sehari Untung 1 Juta karena kebutuhan sandang tidak ada matinya. Hampir sama dengan kuliner. Perbedaan besar kecilnya keuntungan dipengaruhi bagaimana kreativitas, inovasi, dan kesungguhan Sobat.

5. Ikut Afiliasi Marketing

Modal 200 ribu buka usaha apa lagi? Sobat yang mempunyai budget yang sedikit, atau nol Rupiah hanya perlu memilih jenis bisnis yang pas saja. Misalnya ikut afiliasi dari marketplace tertentu dan menawarkannya ke beberapa orang melalui internet.

Bisnis ini dapat menjadi pasif income yang mendatangkan keuntungan secara terus menerus tanpa adanya kesadaran. Sobat hanya perlu jaringan internet untuk ikut langsung afiliasi marketing tersebut. Walaupun pasif income, Sobat akan semakin banyak memperoleh penghasilan ketika lebih aktif.

Bisnis afiliasi sudah banyak orang gandrungi sejak lama, bahkan termasuk Usaha yang Lagi Trend di Luar Negeri sejak lama juga. Pekerjaan ini sangat cocok Sobat jalankan ketika memiliki media sosial yang punya engagement tinggi atau website dengan pengunjung yang banyak juga.

6. Jual Foto di Internet

Banyak sekali hobi yang digeluti oleh para mahasiswa, terutama untuk fotografi. Sobat dapat langsung melakukan hunting foto bersama komunitas dan kemudian menjual hasil foto tersebut di internet.

Terdapat beberapa situs yang menyediakan tempat menjual hasil foto. Sobat juga dapat menjualnya secara pribadi menggunakan media sosial sendiri.

Kemudian, bisa cantumkan keterangan sebagai bentuk penawaran kepada orang yang membutuhkannya. Penjualan foto ini memang sangat menguntungkan dan Sobat tidak perlu harus membeli gadget yang mahal.

Hanya dengan menggunakan kamera ponsel, sudah bisa memperoleh foto yang menarik. Bagi para fotografer pastinya telah mengetahui bagaimana untuk memperoleh hasil foto yang unik, menarik, dan berkualitas.

7. Jadi Blogger

Modal 200 ribu buka usaha apa adalah dengan jadi seorang blogger. Bahkan saat ini blogger mempunyai persyaratan untuk memperoleh penghasilannya lebih mudah ketimbang media sosial lainnya.

Potensi penghasilan lewat blog juga ada banyak pilihannya. Mulai dari AdSense, content placement, review produk, afiliasi, dan lain-lain. Jika untuk mencari pundi-punci uang lewat AdSense butuh traffik yang tinggi, maka cara lainnya seperti content placement bisa jadi solusi.

Jadi tidak perlu harus mengejar trafik, Sobat hanya perlu rajin membuat artikel atau cerita yang natural sesuai gaya bahasa sendiri. Selain itu, pastikanlah bahwa apa yang Sobat masukkan dalam blog ini memang sesuatu yang begitu menarik.

Jangan salah, semua orang yang punya basic keilmuan tertentu bahkan skill khusus juga bisa jadi blogger, lho. Misalnya akuntan, dokter, ahli kimia, hingga fresh graduate atau lulusan baru juga bisa memilih profesi ini. Bahkan blogger jadi salah satu Peluang Kerja Lulusan Teknologi Pangan dan bidang lainnya juga.

8. Jasa Pengetikan

Sebagai seorang pekerja kantor pastinya ada banyak sekali waktu yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan beberapa hal. Salah satunya dapat langsung mengisi waktu luang dengan jasa pengetikan.

Usaha ini tentunya bisa lebih mudah dilakukan, apalagi bila Sobat memiliki skil mengetik yang cepat. Sasaran untuk jasa pengetikan ini terbilang sangat luas, mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen, serta berbagai profesi lainnya.

Umumnya, untuk jasa pengetikan setiap lembar harganya berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesulitannya masing-masing. Apabila Sobat hanya mengetikkan materi yang sudah ada pastinya lebih murah ketimbang dengan pembuatan tulisan yang lebih rumit.

9. Jual Produk Software

Keahlian daalam bidang pembuatan software tidak hanya dimiliki oleh beberapa kalangan tertentu saja. Bahkan, saat ini sudah banyak sekali orang yang bekerja di kantor dan tidak sesuai dengan keahlian.

Bagi Sobat yang mempunyai banyak waktu luang dan keahlian di bidang pembuatan software tidak ada salahnya untuk membuat software. Ada banyak sekali cara yang bisa Sobat gunakan dan tidak harus membuat aplikasi dari mulai nol.

Sobat juga akan mendapatkan template aplikasi, kemudian mengubah tampilannya sesuai dengan keinginan. Pasar software ini terbilang sangatlah besar, bukan tidak mungkin Sobat akan memperoleh penghasilan yang besar dari bisnis ini.

10. Menjadi Seorang Freelancer

Freelancer ini bisa menjadi salah satu pekerjaan yang tidak pasti. Hal ini karena setiap pendapatan hanya diperoleh ketika mendapatkan proyek tertentu.

Namun, hal ini sangat cocok untuk para pekerja kantor. Sobat juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk menjadi seorang freelancer.

Freelancer ini juga dapat disesuaikan dengan kemampuan dan ski Sobat. Bidang freelencer bisa dimasuki oleh berbagai kalangan dengan keterampilan fotografi, skill menulis, editing video, desain, pembuatan software, programing, dan lainnya.

Selain ide bisnis, uang 200 ribuan sebenarnya bisa Sobat putar dalam bentuk lain, misalnya investasi. Bahkan sudah banyak platform yang investasinya terjangkau mulai 100 ribuan saja. Simak aja di postingan sebelumnya, Investasi 100 Ribu Hasilkan Jutaan Rupiah. Ini cocok bagi Sobat yang belum siap berbisnis karena keterbatasan waktu.  

Modal 200 ribu buka usaha apa tetap akan mendapatkan potensi keuntungan yang lumayan. Apalagi bila Sobat dapat mengembangkannya, dan pantang menyerah. Pasti akan membawa Sobat kepada pendapatan yang semakin besar.

Tinggalkan komentar