8 Trend Bisnis di Jepang yang Unik dan Masih Jarang di Indonesia

Jika bicara trend bisnis di Jepang pasti ada banyak inspirasinya. Alasannya karena Jepang merupakan negara maju yang masyarakatnya meminati bisnis.

Sebuah riset dari KemenKopUKM mengatakan bahwa pengusaha di negeri Sakura ini mencapi 11% dari total penduduknya. Sedangkan sebagian besarnya adalah anak muda.

Ini cocok sekali jika Sobat pembaca adalah anak muda, kaum milenial, pelajar, mahasiswa, bahkan termasuk orang yang sudah bekerja dan ingin punya penghasilan tambahan. Jika masih bingung mau menjalani usaha apa, maka usaha yang lagi trend di Jepang bisa jadi ide yang bagus.

Trend Bisnis di Jepang yang Sedang Naik Daun dan Unik Jika Dijalankan di Indonesia

Salah satu ciri khas orang Jepang selain ulet dan rajin adalah kreatif. Ini juga terlihat dari anak muda yang mau menjalankan bisnis sejak masih belia.

Bahkan meskipun merupakan negara maju dari segi peradaban dan teknologi, kemauan melakoni bisnis ini tumbuh subur pada generasi anak bangsa Jepang. Yuk tengok apa saja trend bisnis di Jepang yang unik dan bisa Sobat adopsi di Indonesia.

1. Resto dengan Vending Machine

Konsep vending machine adalah dengan menaruh mesin ini di depan resto. Lalu, pembeli memilih menu, memesan makanan dan melakukan pembayaran langsung di sana. Pesanan pun siap diantar.

Di Jepang, resto dengan konsep vending machine ini sudah populer. Sedangkan di Indonesia sudah banyak inovasi di bidang kuliner, namun sepertinya belum banyak yang menerapkan kepraktisan dan keunikan ini.

Pembeli tidak perlu memesan lewat kasir atau waitress. Sedangkan bagi pebisnis, tidak perlu membayar kasir dan waitress lagi. Namun, perlu keluar modal untuk membeli vending machine.

2. Bisnis Mie Cup dengan Air Panas

Biasanya di negara kita mie dalam kemasan cup lebih banyak tersebar di tempar wisata. Terutama yang sedia air panasa atau langsung seduh oleh penjualnya. Namun, trend bisnis di Jepang justru tersebar di mana saja dan kapan saja.

Apa yang dijual tidak hanya mie, tapi sekaligus berjualan air panas sehingga orang langsung bisa menikmati mie instan tersebut.

Konsepnya bisa untuk take away atau Sobat sediakan tempat duduk untuk pembeli menyantap mie instan dalam cup. Ini sebenarnya lebih pas jika sebelumnya Sobat juga sudah punya warung atau toko untuk menghadirkan nuansa yang berbeda.

Bisnis mie cup dengan air panas juga bisa menjadi salah satu usaha modal 500 ribu yang menguntungkan. Jual langsung ke pembeli di kampus, alun-alun kota, atau buka di rumah khusus jualan mie cup juga bisa.

3. Semprotan Pendingin

Di Jepang atau negara yang bersalju, biasanya ada musim berlawanan yang suhunya lebih panas dari daerah tropis. Oleh sebab itu, ada produk berupa semprotan pendingin yang bisa mengusir hawa panas.

Bentuknya gel atau busa, lalu disemprotkan ke udara dan membuat udara di sekitarnya menjadi dingin dalam beberapa jam. Apabila kita aplikasikan pada kulit, terasa seperti soda yang dingin.

Bisnis ini tergolong unik, ya. Bagi bebeapa kota di Indonesia juga bisa cocok dengan usaha ini karena cuacanya yang panas.

4. Bisnis Telur Rebus di Dalam Kemasan

Salah satu inovasi dalam bisnis kuliner di Jepang adalah menghadirkan kemudahan bagi pelanggan. Makanan yang tadinya cukup merepotkan untuk dikonsumsi menjadi praktis.

Menjual telur rebus dalam kemasan laris manis di negeri Sakura. Kesadaran akan makanan sehat mengandung protein seperti telur rebus memang tinggi. Namun, banyak orang buru-buru dan tidak banyak waktu untuk mengupasnya.

Bisnis ini cocok untuk Sobat yang hidup di lingkungan serba sibuk. Namun, sekaligus punya gaya hidup sehat. Salah satunya diet karbo dan jenis diet lainnya yang mengutamakan asupan protein tanpa lemak dan garam berlebih. Jadi, trend bisnis di Jepang satu ini layak dicoba.

Tidak menutup kemungkinan, bisa menjadi salah satu jenis bisnis sehari untuk 1 juta yang banyak dicari kaum muda sekarang.

5. Bisnis Es Batu dalam Kemasan

Tidak ada salahnya mengetahui trend bisnis ini di Jepang. Bisnis anak muda yang juga hits di sana adalah jualan es batu dalam kemasan.

Konsep jualannya adalah dengan memecah es batu yang sudah dikemas dalam cup. Dengan begitu, pembeli bisa meminum es kapan saja dan di mana saja tanpa harus memecahkan es batu yang umumnya sulit.

Pembeli bisa menuangkan minuman dalam es batu atau sebaliknya menuangkan es batu dalam minuman yang mereka beli. Apakah di kota Sobat cocok menjajakkan bisnis satu ini? Bisa dicoba nih.

6. Bisnis Barang Bekas

Meskipun merupakan negara maju, Jepang termasuk negara yang suka barang bekas. Hal ini karena mereka menyadari pentingnya daur ulang. Oleh sebab itu, trend bisnis di Jepang ini banyak digemari dan bagus prospeknya.

Indonesia juga kini mulai aware dengan konsep daur ulang. Sudah banyak orang mengkampanyekan soal ini. Apalagi jika mengamati bahwa bisnis thrift juga belakangan ramai di negara kita. Ini adalah salah satu Usaha yang Lagi Trend di Luar Negeri yang pernah saya posting juga sebelumnya.

Barang bekas yang bisa Sobat jual bisa berbagai macam, seperti pakaian, elektronik, tas, barang keperluan bayi, sepatu, barang branded, alat rumah tangga, dan lain-lain.

Apabila Sobat ingin menjalanan usaha satu ini, pastikan melakukan promosi dan edukasi sebaik mungkin supaya banyak yang tertarik. Jangan lupa menonjolkan kelebihan dibandingkan jualan barang baru, misalnya seperti harga yang lebih murah.

7. Jualan Kuliner Khas Jepang

Kuliner khas Jepang memang terkenal lezat, unik, dan bagus untuk dijadikan bisnia. Tidak hanya di negara sendiri yang marak bisnis kulinernya, tapi memang sudah tersebar di berbagai negara.

Mulai dari restoran khas Jepang hingga jajanan di jalan juga banyak mengadopsi makanan Jepang. Oleh sebab itu, ide bisnis ini bisa jadi sudah tidak asing lagi di negara kita. Namun, tidak ada salahnya terus menggali berbagai jenis kuliner yang unik lainnya dari negeri Sakura.

Sobat bisa membuka restoran khas Jepang atau street food dengan menyajikan berbabagai menu seperti: sushi, bento set, Soba, sashimi, Takoyaki, ramen, kakigori, okonomiyaki, ringo ame, dorayaki, yakitori, dan masih banyak lagi.

Nah ini bisa menjawab pertanyaan Sobat yang penasaran tentang Modal 200 Ribu Buka Usaha Apa? Jawabannya adalah memilih jualan salah satu kuliner khas Jepang ini. Meski sudah ada juga franchisenya seperti franchise Takoyaki tidak ada salahnya bergabung atau buka bisnis mandiri.

8. Jualan Bibit Bunga Sakura

Alasan Jepang terkenal dengan sebutan negeri Sakura karena bung aini begitu banyak dan menjadi ciri khasnya. Identitas ini dimanfaatkan oleh anak muda di Jepang untuk menjual bibit dan bunganya ke negara lain.

Pohon yang indah dan bunga yang cantik ini memikat banyak orang untuk memilikinya. Apalagi di Indonesia belum banyak tersebar pohon Sakura.

Beberapa daerah yang ditumbuhi bunga Sakura sehingga memungkinkan tumbuhan ini cocok dibudidayakan di negara kita. Misalnya Waingapu, Batam, Karangasem di Bali, Cibodas, dan Karanganyar Jawa Tengah.

Ini bisa menjadi peluang yang bagus bagi Sobat. Apalagi sekarang banyak orang menggemari kegiatan berkebun dan menanam aneka tanaman di halaman rumahnya.

Nah, dari trend bisnis di Jepang tersebut, mana yang paling cocok untuk Sobat? Ada yang masih asing jika dijalankan di negara kita, ada juga yang memang sudah populer namun belum begitu banyak dikenal di daerah tertentu. Semoga ide bisnis dari Jepang ini bermanfaat.

Sumber:
thecronutproject.com

Tinggalkan komentar