Paket Catering Pernikahan di Rumah, Ini Tips Memilihnya

Paket catering pernikahan di rumah biasanya lebih sederhana. Namun, tidak menutup kemungkinan memesan jamuan yang lebih mewah tergantung kebutuhan pemilih acara. Misalnya karena mengadakan resepsi pernikahan di rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Di mana pun resepsi di gelar persiapan perlu dilakukan jauh-jauh hari agar tidak ada yang terlewat.

Memang sudah banyak penawaran catering pernikahan. Baik yang bekerja sama dengan Wedding Organizer (WO) maupun jasa catering umumnya. Namun untuk mendapat yang terbaik tentu tidak boleh asal tunjuk, perlu banyak pertimbangan. Terutama jika acara diadakan di rumah yang membutuhkan beberapa pertimbangan tambahan.

Paket Catering Pernikahan di Rumah Perlu Kita Pilih dengan Selektif

Acara pernikahan bisa dilangsungkan di mana saja. Beberapa pasangan memilih menyewa gedung agar tidak ribet. Banyak juga yang memilih mengadakan acara di rumah karena berbagai pertimbangan. Untuk pernikahan di rumah, penting memilih paket catering pernikahan yang sesuai.

Pemilihan paket catering pernikahan di rumah tidak hanya mempertimbangkan menu, namun juga jasa yang dapat membantu kelancaran acara. Berikut tips memilih vendor untuk paket catering pernikahan khususnya di rumah:

● Mulai Mencari Referensi di Situs Pernikahan

Pertama, mulailah dengan mencari referensi sebanyak mungkin, bisa dari keluarga atau teman yang punya pengalaman maupun via situs pernikahan. Menggunakan situs pernikahan bisa diandalkan untuk menemukan inspirasi memilih paket catering untuk pernikahan.

Dalam situs pernikahan, Sobat dapat menemukan penawaran serta ulasan dari pasangan lain yang telah menggunakan jasa catering tertentu. Dalam mencari inspirasi ini, Sobat dapat mempertimbangkan konsep pernikahan serta penawaran vendor.

Jika perlu informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi kontak yang tersedia. Pastikan untuk memastikan fasilitas yang ditawarkan dan hal lainnya langsung pada vendor. Cari jasa yang berada lebih dekat dengan lokasi Sobat supaya memudahkan koordinasi dan mempercepat mobilitas. Jika di Bekasi, bisa mencari Catering Pernikahan Bekasi misalnya.

● Tentukan Tema Pernikahan

Tema pernikahan dapat berpengaruh pada menu catering. Misalkan ingin mengadakan pernikahan yang kental dengan nuansa tradisional khas Jawa, maka makanan juga perlu Sobat suguhkan adalah makanan-makanan daerah. Begitu pula dengan tema pernikahan lainnya.

Karena diadakan di rumah, pertimbangkan luas lokasi dalam menentukan konsep. Jika lokasinya tidak terlalu luas sebaiknya jangan terlalu banyak memasang kursi. Lebih baik melangsungkan acara lebih lama dibandingkan membuat tamu terlalu menumpuk di satu waktu.

● Mempertimbangkan Pelayanan yang Profesional

Paket catering pernikahan di rumah memerlukan fasilitas lengkap dan pelayanan yang maksimal. Jangan sampai karena terlalu fokus dengan memilih menu, jadi tidak mempertimbangkan pelayanannya. Pilih paket catering berpengalaman dengan tenaga profesional yang memberi pelayanan prima. Terlebih karena acara di rumah yang perlu penyesuaian lokasi.

Pelayanan dari tim catering profesional akan memberi pelayanan yang ramah dan sigap. Dari segi penampilan, tenaga profesional terlihat berpakaian rapi dan banyak senyum.

Tentu Sobat ingin acara pernikahan berlangsung lancar, akan memalukan jika penyedia piring terlambat. Nah, mereka tim catering sangat berperan untuk sajian hidangan yang maksimal.  Rekomendasi catering pernikahan yang profesional dan punya ulasan bagus misalnya seperti Catering Pernikahan Surabaya yang pernah saya bahas sebelumnya. Namun, tetap selektif memilih juga ya Sobat.

● Memilih Harga Sesuai Anggaran

Paket catering biasanya menjadi yang paling banyak menyita anggaran dalam acara pernikahan. Agar tetap terkontrol tentukan batas maksimalnya. Dengan demikian dalam memilih vendor, bisa memilih yang menawarkan paket sesuai budget yang telah ditentukan.

Karena acara dilangsungkan di rumah, Sobat mungkin sudah berhemat sebab tidak perlu membayar uang gedung. Namun, jangan sampai memilih paket yang harganya melebihi batas anggaran. Pintar-pintar dalam memilih paket dan jasa agar tidak keteteran saat pelunasan. Cek juga Harga Catering Pernikahan Per Porsi ini untuk bisa jadi gambaran dalam menentukan hidangan.

● Tentukan Porsi Makanan

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih paket catering pernikahan di rumah adalah menentukan porsi. Memesan hidangan pernikahan harus disesuaikan dengan jumlah undangan dikali dua. Misalkan untuk undangan sejumlah 150 pemesanan catering sebanyak 300. Perhitungan tersebut biasa digunakan untuk menghindari kehabisan makanan di tengah acara.

Bisa juga tidak mengalikan dua untuk porsinya melainkan bisa dengan menambah menu lainnya. Sobat  bisa mengurangi menu utama namun menambah kombinasi menu yang mengenyangkan lainnya.

● Memilih Menu Makanan

Tips selanjutnya adalah pemilihan menu. Tanyakan jenis paket yang disediakan mulai jenis makanan yang ditawarkan serta rasanya. Pertimbangkan tamu undangan dengan memilih menu yang banyak disukai. Misalkan jangan memilih menu western jika kebanyakan tamu tidak biasa dengan menu tersebut.

Sobat bisa mempertimbangkan menu yang lebih fleksibel. Menu yang bisa masuk ke tema apa pun namun juga disukai seperti sate, rendang dan lainnya. Makanan tradisional masih menjadi pilihan aman yang banyak dipilih dalam hidangan pernikahan.

Oh ya, jika Sobat mengadakan acara yang tergolong mewah dengan budget besar bisa juga memesan Menu Prasmanan Mewah supaya menyesuaikan dengan acara. Memilih hidangan dengan kategori VIP juga bisa jadi pilihan untuk yang hanya mengundang sedikit tamu. Namun, ingin memaksimalkan jamuan bagi mereka.

Itulah tips memilih paket catering pernikahan di rumah. Hal terpenting adalah memilih vendor yang memiliki fasilitas lengkap dan tim profesional sehingga bisa maksimal mengadakan acara di rumah. Karena acara di rumah tentu berbeda dengan di gedung yang lokasinya telah didesain untuk memudahkan acara.

Sumber:
www.cateringprasmanan.com
Sofistika.co
Medinacatering.id

Tinggalkan komentar