Franchise Ice Cream Cone Murah tapi Laba Melimpah, Apa Saja?

Apakah Sobat mencari informasi tentang franchise ice cream cone murah supaya tidak berat di modal? Tenang, Bisniskulinerku.com akan merekomendasikan beberapa franchise atau waralaba es krim yang Sobat cari. Kami juga memberikan solusinya jika belum menemukan yang cocok.

Bisnis es krim memang jarang viral, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa peminatnya juga tetap banyak. Kebutuhan akan makanan dingin dan lembut ini tetap ada dan tidak luntur oleh trend kuliner.

Selain itu, peminatnya juga terbilang luas. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua juga menikmati es krim sebagai makanan penutup dan pelepas dahaga.

Sebagai sebuah bisnis, usaha kuliner berupa es krim juga terbilang menjanjikan. Bahkan dengan bergabung waralaba atau franchise yang populer, banyak pebisnis yang mampu meraup untung hingga puluhan juta per bulan.

Asalkan tepat dalam memilih franchise, bisa menjalankan strategi bisnis dengan maksimal, Sobat pasti bisa mengikuti jejak pebisnis yang telah sukses menjalankan usaha waralaba es krim.

Franchise Ice Cream Cone Murah yang Recommended, Apa Saja?

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah ada waralaba es krim cone yang menawarkan modal murah? Kalau Sobat membayangkan jenis es krim cone berupa gerobak keliling di pinggir jalan, perumahan, atau tempat wisata seperti pantai, pasti modalnya sangat terjangkau.

Cukup membeli alat pembuatan es krim, cone nya mungkin bisa beli di distributor, gerobak, dan bahan baku harian atau mingguan. Tidak akan lebih dari 10 jutaan. Namun, bisniskulinerku.com sejauh ini belum menemukan franchise ice cream cone murah secara khusus.

Hanya saja, kami bisa merekomendasikan franchise es krim yang merupakan salah satu Jualan Es yang Paling Laris dan modalnya terbilang murah dan relatif terjangkau. Bisnis es krim tersebut juga menawarkan kemasan cone, tapi juga termasuk pilihan kemasan cup kepada pelanggannya.

Itu bukan masalah, karena pilihan kemasan yang beragam justru bisa menarik minat pembeli. Letak dan kunci suksesnya ada pada cita rasa, keunikan, konsep usaha, dan manajemen bisnisnya.

Yuk daripada berlama-lama, berikut adalah rekomendasi franchise es krim dengan modal terjangkau.

1. Hulala

Meskipun mungkin Sobat mencari rekomendasi waralaba es krim cone secara khusus, namun tidak ada salahnya mempertimbangkan franchise Hulala yang menawarkan es krim roll.

Konsep sajian yang unik menjadikan peluang bisnis ini menjanjikan. Es krim Hulala juga punya cita rasa yang enak sehingga sangat bersaing.

Modal yang diperlukan adalah Rp. 15 juta hingga Rp. 25 juta. Biasanya Hulala menawarkan promo gratis ongkos kirim untuk daerah Jawa, Bali, dan Sumatera. Promo lainnya adalah bahan baku gratis sebesar Rp. 1 juta.

Hulala sudah memiliki outlet sebanyak 350 di seluruh Indonesia. Jika Sobat ingin info lebih lanjut, bisa lihat dan hubungi via website resminya: http://hulala.co.id/

2. One Dollar Ice Cream

Franchise es krim satu ini berasal dari Singapura. Kini, di Indonesia juga ada, khususnya di daerah Jakarta.

Keunikan es krim One Dollar ini adalah penyajiannya dengan sepotong roti dan rasanya yang unik. Berbagai pilihan rasanya antara lain: cokelat, vanilla, durian, peppermint, green tea, dan lain-lain. One Dollar Ice Cream bisa menjadi ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari untuk Sobat.

Harga jualnya seperti namanya, yaitu 1 Dollar Singapura. Belakangan ini, lebih sedikit dari 1 SGD, sekitar Rp. 18 ribu per sajiannya.

Meskipun Sobat mencari franchise ice cream cone murah tapi One Dollar Ice Cream ini bisa menjadi alternatif. Modal yang perlu Sobat siapkan juga terjangkau, yaitu Rp. 4,5 juta hingga Rp. 15 juta.

Sobat Kuliner mendapatkan peralatan seperti plastik, talenan, pisau, bahan baku awal, banner, dan lain-lain. Namun, terlebih dahulu harus menyiapkan tempat usaha yang sesuai standar, freezer dengan kapasitas minimal 100 Liter.

3. Manda Ice Cream

Rekomendasi franchise es krim yang bisa Sobat pilih selanjutnya adalah Manda Ice Cream. Kelebihannya adalah proses pembuatannya yang terbilang cepat. Hanya 5 menit saja. Tidak heran jika bisnis ini juga disebut Magic Ice Cream.

Ini bisa menjadi keunggulan bisnis bagi pemula. Terutama yang tidak ingin melewati proses pembuatan es krim yang rumit dan lama.

Manda Ice Cream menawarkan dua pilihan peket usaha, yaitu paket franchise A membutuhkan modal Rp. 26 juta, dan paket franchise B Rp. 15 juta.

Perbedaannya, paket A memperoleh fasilitas berupa booth mini, seragam, bahan baku senilai Rp. 5 juta, pendampingan, pelatihan, dan perlengkapan usaha.

Paket B fasilitasnya berupa gerobak, bahan baku jadi senilai Rp. 3,5 juta, perlengkapan usaha, seragam, pelatihan dan pendampingan.

Franchise Es Krim yang Modalnya Relatif Mahal, Ada yang Perlu Modal Hingga Rp. 800 Juta

Ada juga rekomendasi waralaba yang terbilang relatif mahal, tapi siapa tahu Sobat Kuliner akan tertarik dan siap dengan budget nya. Jika berminat, kenapa tidak? Keuntungannya pun pasti tidaklah main-main.

Franchise ini bisa menjadi salah satu ide Bisnis Sehari Untung 1 Juta yang banyak diceri pengunjung website Bisniskulinerku.com. Lalu, apa saja rekomendasi waralaba tersebut?

Dr Frozen

Mengapa Dr. Frozen dikatakan sebagai kategori franchise es krim yang lumayan mahal? Yaps, modal investasi untuk bergabung dan menjalankan bisnis ini adalah Rp. 688 juta. Ini mencakup segala kebutuhan bisnis.

Meski demikian, skala bisnisnya juga terbilang lebih besar dan memiliki potensi yang sama-sama besar juga. Konsep yang diusung oleh franchise es krim Dr. Frozen terbilang unik, yaitu es krim dengan liquid nitrogen. Namun, tetap aman dikonsumsi.

Respon konsumen juga tinggi karena keunikannya ini. Kedai Dr. Frozen dapat laku hingga 200 porsi per hari. Hanya saja, franchise ini baru buka di Jambi dan belum bisa meluaskan cabang dan franchise ke luar daerah.

Mixue

Siapa tidak kenal kedai es krim yang sedang viral ini? Ternyata untuk bisa bergabung dengan waralaba es krim Mixue diperlukan modal lumayan besar. Investasi awal adalah sebesar Rp. 700 juta hingga Rp. 800 juta.

Modal tersebut sudah mencakup biaya pembukaan outlet baru untuk mitranya. Sobat juga perlu sedia tempat operasional sesuai standar dari Mixue, yaitu luas bangunan minimal 25 m2, tinggi plafon minimal 2,7 m, lebar muka 3,8 m, sumber air bersih, dan listrik dengan daya 33.000 watt.

Investasi tersebut memang sepadan dengan potensi hasil yang bisa Sobat dapatkan. Sebagai brand outlet es krim yang viral, penggemarnya sudah banyak. Sobat tidak perlu lagi melakukan branding dari nol.

Apalagi, harga yang ditawarkan untuk konsumen juga terjangkau. Mulai dari Rp. 8 ribu hingga 30 ribu. Varian es krim yang unik dan menarik seperti rasa cokelat, mangga, stroberi, dan minuman boba dengan perpaduan es krim yang lembut.

Tidak heran jika Mixue laris di pasaran. Kini, franchise asal Cina ini sudah membuka ratusan outlet di Indonesia. Apakah Sobat tertarik membuka usaha Mixue? Jika tertarik, Sobat bisa WhatsApp ke 0819-9360-6666 (info kontak dari Kompas.com)

Opsi Kedua, Sobat Bisa Buka Bisnis Es Krim Cone Sendiri

Bergabung dengan bisnis franchise memang memiliki sejumlah keunggulan. Di antaranya adalah tidak perlu repot melakukan branding lagi. Umumnya, orang sudah mengenal usaha tersebut dan terkenal.

Namun, tidak semua calon pebisnis bisa ikut dalam sebuah usaha waralaba. Misalnya, Sobat hanya menginginkan rekomendasi franchise ice cream cone murah saja.

Sebab lainnya, apakah karena franchise yang diinginkan tidak dapat membuka cabang ke lokasi Sobat, kurang tertarik dengan sistemnya, atau kurang cocok dengan modal yang ditawarkan. Tidak ada rotan akar pun jadi, itu juga bisa diterapkan dalam bisnis.

Tidak hanya bergabung waralaba, Sobat juga bisa kok membuka usaha es krim cone yang enak dan murah, unik, dan menarik. Bahkan bisa mengembangkan bisnisnya sesuka hati tanpa terkendala sistem seperti yang menjadi kekurangan bisnis franchise.

Modal Bisnis Es Krim Cone

Belajar dari tetangga yang berjualan bakso, sebenarnya es krim cone juga bisa mengadopsi cara serupa. Bakso tetangga awalnya dijual keliling dengan gerobak. Kemudian, dikembangkan menjadi beberapa gerobak dan merekrut pegawai.

Ada yang bantu membuat bakso di malam hari hingga pagi, ada juga yang bekerja sebagai tukang bakso keliling. Sekarang, bisnis tetangga sudah maju dan bisa menjadi lapangan kerja untuk orang lain.

Sobat juga bisa memulai dari modal usaha es krim cone satu gerobak atau bentuk kedai. Modalnya cukup terjangkau. Selain laku di perkotaan, es krim cone juga merupakan salah satu ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Bahan Baku Es Krim Cone untuk 1 Minggu

  • Cone es krim untuk 1 minggu (2 pack isi 50 x 7) total  = Rp. 210.000
  • Cone es krim waffle 1 minggu (3 pack isi 10 x 7) total = Rp. 118.500
  • Bahan es krim instan untuk 910 cone/cup (1 minggu) = Rp. 1.800.000

Total Rp. 2.128.500

Bahan baku es krim ini bisa Sobat dapatkan secara langsung di toko terdekat atau secara online. Sekarang bisnis online sudah lebih aman. Baik pengiriman ataupun kualitas produknya.

Peralatan Bisnis Es Krim Cone

  • Freezer Min Kapasitas 200 liter = Rp 4.000.000
  • Mixer = Rp 500.000
  • Baskom besar = Rp 40.000
  • Tabung es krim = Rp. 800.000
  • Skop es krim = Rp 35.000
  • Gerobak es krim keliling = Rp. 1.500.000

Total Rp. 6.875.000

Peralatan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Budget yang dibutuhkan bisa kurang atau lebih. Apakah karena biaya ongkos kirim pembelian alat, perbedaan harga jual, dan tambahan alat lain yang diinginkan.

Analisa Keuntungan Penjualan Es Krim Cone Keliling

Di atas, kita coba hitung dari jumlah porsi penjualan 1 minggu, yaitu 910 cone biasa dan cone waffle. Anggaplah habis terjual segitu.

Biasanya harga jual 1 cone es krim biasa adalah Rp. 3.000. Sedangkan untuk es krim dengan cone waffle bisa dijual dengan harga Rp. 7.000.

Sobat sebenarnya bisa sesuaikan penjualan es krim cone ini, apakah pelanggan berminat dengan cone waffle atau justru memilih penyajian dengan cup berbagai ukuran. Nanti bisa sesuaikan lagi dengan permintaan pembeli.

  • Penjualan es krim cone biasa selama 1 minggu Rp. 3.000 x 700 = Rp. 2.100.000
  • Penjualan es krim cone waffle selama 1 minggu Rp. 7.000 x 210 = Rp. 1.470.000

Total pendapatan kotor 1 minggu adalah Rp. 3.570.000

Adapun laba bersih 1 minggu adalah pendapatan kotor dikurangi bahan baku, yaitu Rp. 3.570.000 – Rp. 2.128.500 = Rp. 1.441.500

Jika ingin memperkirakan penghasilan 1 bulan berarti laba bersih dikalikan 4 menjadi Rp. 5.766.500

Itu adalah perkiraan sementara ya, Sobat. Memilih jualan es krim cone keliling bisa menjadi permulaan jika ingin menjajal bisnis di bidang es krim. Usaha es krim cone keliling ini adalah Usaha Jajanan Anak dengan Modal Kecil

Sobat juga punya opsi jualan dengan booth di lokasi ramai pembeli seperti di area sekolahan, pinggir jalan, tempat wisata atau pusat perbelanjaan. Namun, harus ada tambahan modal pembelian booth yang lebih mahal dan sewa tempat.  

Jualan es krim cone keliling juga ada opsi merekrut pegawai. Tentunya laba bersih di atas akan dikurangi gaji karyawan. Kelebihannya, Sobat bisa fokus pada produksi dan manajemen bisnis. Jumlah gerobak, tabung es krim, jumlah cone es krim, sekop es krim, dan karyawan ditambah lagi.

Bagaimana, apakah sudah ada gambaran bisnis es krim cone? Meskipun belum menemukan rekomenfasi franchise ice cream cone murah dari Bisniskulinerku.com, Sobat bisa mendapatkan inspirasi lain dengan mendirikan bisnis sendiri. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Referensi:
Kompas.com
Tokomesin.com
Supportstartup.net

Tinggalkan komentar