Jasa Pembuatan Kolam Ikan Koi Bekasi, Desain, dan Biayanya

Jasa pembuatan kolam ikan koi Bekasi bisa menjadi solusi sobat yang ingin memperindah hunian. Kehadiran kolam ikan hias di rumah memang menambah estetika. Selain itu juga bisa menghibur hati penghuninya. Mendengar gemericik air dan melihat ikan koi yang gesit berenang kesana kemari sungguh memanjakan mata dan menentramkan jiwa.

Ikan koi yang cantik dan warnanya menarik membuat banyak orang ingin mengoleksinya. Ikan koi juga mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tidak heran jika orang-orang tertarik menempatkan kolam ikan koi di rumahnya dan memeliharanya sebagai bisnis.

Jasa Pembuatan Kolam Ikan Koi Bekasi

Kolam koi biasanya ada yang ukurannya besar dan ada juga yang kecil. Kolam berukuran kecil umumnya bisa dipelajari sendiri dan dibuat. Meskipun begitu, bagi kebanyakan orang yang sibuk, memilih jasa tukang atau orang yang profesional dalam desain kolam dan taman lebih baik ketimbang membuatnya sendiri.

Hasil desain ekterior rumah yang didapatkan juga lebih memuaskan karena dikerjakan orang yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Sobat bisa memiliki kolam ikan koi yang cantik, ukurannya pas, dan awet. Nah, bagi Sobat yang ingin menggunakan jasa pembuatan kolam ikan koi Bekasi bisa memilih rekomendasi berikut ini:

1. Kolam Koi KEKO

Jasa pertama yang bisa Sobat hubungi dan adalah Kolam Koi KEKO. Ahli pembuat kolam ikan koi ini memperoleh banyak ulasan positif dari pelanggannya karena mampu membuat kolam yang jernih, estetik, terukur, dan desain yang mudah dirawat. Ikan pun menjadi lebih sehat.

Sobat yang punya kedai kopi juga bisa menambahkan kolam koi di area kedai. Selain mempercantik lokasi bisnis, juga mampu memikat pelanggan untuk datang. Tengok yuk Rincian Modal Usaha Warung Kopi Sederhana yang pernah say aulas.

Jika memerlukan jasa pembuatan kolam koi, Sobat bisa cek di:

Alamat: Jalan Pd. Timur Indah Timur C, No. 6, RT. 006/RW. 004, Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat 17158

Telepon: 0812-8978-8961

2. Natural Taman Jakarta

Selain Kolam Koi KEKO, ada Natural Taman Jakarta yang sudah memperoleh ulasan positif karena pembuatan kolam dan taman yang sejuk, jasanya profesional, dan tepat waktu.

Sobat bisa mendapatkan dekorasi taman dan kolam ikan yang pas dan membuat ikan nyaman anti stress. Hubungi saja Natural Taman Jakarta yang berlokasi di:

Alamat: Jalan Raya Kranggan, RT. 001/RW. 009, Jatisampurna, Kec. Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat 17433.

Telepon: 0813-9000-5069

Asep Taman, Jasa Pembuatan Taman  dan Kolam

Jasa pembuatan kolam ikan koi Bekasi satu ini juga melayani pembuatan taman. Desain yang dihasilkan sangat cantik dan modern. Bisa disesuaikan dengan pesanan dan selera pemilik rumah.

Tidak hanya untuk taman rumah, kolam ikan koi juga cocok untuk sebuah café. Jika Anda sudah memiliki bisnis di bidang kuliner ini, bisa mulai anggarkan dana untuk menambah kolam ikan koi. Bagi yang masih rencana, bisa tengok Modal Usaha Coffee Shop

Berbagai jenis kolam dan taman bisa Sobat pilih dan request kepada mereka. Hubungi Asep Taman di:

Alamat: RT. 008/RW. 017, Aren Jaya, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat 17111

Telepon: 0812-8646-2877

Gardencenter.id

Jasa pembuatan taman dan kolam, khususnya landscape yang profesional adalah Gardencenter.id yang berlokasi di Bekasi. Ulasan pelangganya positif dan pengerjaan profesional dan tepat waktu.

Hasilnya adalah taman yang asri, modern, indah, dan kolam yang cantik dan memanjakan mata. Sobat juga bisa hubungi Gardencenter.id di:

Website: www.gardencenter.id

Alamat: Perumahan Karang Satria Green Residence 2, Blok B4, No.5, Desa Karangsatria, Kec. Tambun Utara, Kabupaten Bekasi 17510

Telepon: 0813-2101-7099

Empat rekomendasi jasa taman dan kolam ikan di atas semuanya punya keunggulan yang mendapatkan respon positif dari pelanggannya. Sobat bisa pilih mana yang paling dekat, paling komunikatif, dan cocok.

Selanjutnya, jika masih bingung terkait desain kolam yang bagus, Sobat bisa bertanya ke mereka. Apa saja saran yang bagus. Biasanya para pembuat taman punya banyak inspirasi yang terbaik. Namun, jika Sobat memiliki bayangan sendiri mengenai desain kolam ikan koi, bisa sampaikan detailnya.

Ragam Inspirasi Desain Kolam Ikan Koi

Sekarang ini pembuatan ikan koi kerap dipadukan dengan taman yang menonjolkan keelokannya. Baik taman di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Desainnya juga sangat beragam.

Untuk membuat kolam ikan koi tentunya butuh banyak persiapan. Jika sobat belum mampu membuat kolam ikan koi ini sendiri, jangan khawatir sekarang sudah ada banyak jasa pembuatan kolam ikan koi Bekasi yang saya rekomendasikan di atas.

Sobat bisa berkonsultasi dulu mengenai bujet dan desain yang diinginkan. Berkonsultasi dan komunikasikan secara lengkap dan komuniktif supaya hasilnya sesuai ekspektasi.

Menambahkan kolam koi merupakan strategi jitu memanfaatkan lahan kosong dalam rumah agar menjadi lahan produktif. Tidak perlu khawatir apabila sobat hanya memiliki ruang terbatas. Kolam ikan minimalis bisa jadi pilihan.

Berikut ini rekomendasi desain kolam ikan koi minimalis dan kekinian yang dapat diaplikasikan di hunian sobat:

1. Kolam Gaya Akuarium

Rekomendasi desain yang pertama yaitu membuat kolam dengan mengadopsi gaya akuarium yang menggunakan kaca. Kolam ini tampilannya minimalis dan transparan. Sobat bisa melihat indahnya ikan-ikan berenang dengan jelas dari berbagai sisi.

Perawatan kolam gaya akuarium ini perawatannya cukup mudah. Sobat hanya perlu rutin membersihkan agar kolam tidak cepat kotor dan berlumut. Kolam bergaya akuarium ini cocok ditempatkan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.

Jenis kolam gaya aquarium juga cocok untuk Desain Cafe Minimalis Rumahan yang memanfaatkan space minimalis atau lahan sempit.

2. Kolam Memanjang

Kolam dengan desain memanjang bisa jadi pilihan selanjutnya. Desain ini tepat diterapkan pada rumah yang memiliki halaman terbatas. Kolam dengan bentuk panjang ini meskipun terlihat sempit namun bisa membuat ikan koi bergerak bebas.

Konsep memanjang ini banyak ditawarkan oleh jasa pembuatan kolam ikan koi Bekasi karena dapat menyulap halaman sempit terlihat lebih luas dan cantik. Kolam model ini cukup populer dan biasa sobat temukan di hotel atau apartemen.

3. Kolam di Sudut Halaman

Sudut halaman rumah sobat yang kosong bisa dimanfaatkan untuk membuat kolam ikan koi agar terlihat cantik dan elegan. Penempatan kolam ikan di sudut halaman ini sudah banyak diterapkan untuk mensiasati lahan sempit.

Sobat bisa memperindah kolam minimalis di sudut halaman dengan bebatuan alami dan tanaman hias. Karena kolamnya kecil, sebaiknya ikan koi yang dipelihara di dalamnya tidak terlalu banyak agar bisa bergerak bebas.

4.  Kolam dengan Air Mancur

Rekomendasi berikutnya adalah kolam ikan koi minimalis dengan air mancur. Sobat bisa meletakkan air mancur di tengah atau pinggir kolam.

Kolam ikan yang satu ini cukup banyak diminati karena terkesan cantik dan alami. Sobat dapat membuat air mancur dari guci khusus atau menggunakan selang untuk mengalirkan air. Adanya aliran air ini juga membuat ikan-ikan koi riang berenang.

Tidak hanya untuk halaman rumah, kolam jenis ini juga banyak diadopsi oleh Konsep Cafe Kekinian yang memanjakan mata. Terutama yang lahannya cukup luas dan merupakan tanah milik sendiri.

5.  Kolam Ikan Koi dengan Air Terjun Mini

Selain air mancur, sobat juga bisa meminta jasa pembuatan kolam ikan koi Bekasi untuk menambahkan air terjun mini. Desain kolam yang satu ini akan mempercantik tampilan kolam koi dan cocok diterapkan di rumah yang memiliki ketinggian berlapis. Sobat dapat menempatkan kolam ikan koi dengan air terjun di luar ataupun di halaman belakang rumah.

Persiapan Pembuatan Kolam Koi Minimalis

Setelah memutuskan desain mana yang dipilih, sobat bisa mengkonsultasikannya dengan jasa pembuatan kolam ikan koi. Untuk proses pembuatannya, ada beberapa hal yang perlu sobat persiapkan, yakni:

1. Filter Kolam Ikan

Pertama, sobat perlu menyiapkan filter. Fungsinya untuk menambah oksigen dan membersihkan air dari karbondioksida, nitrogen dan partikel padat yang bisa mengotori air kolam.  Terdapat dua 2 jenis filter kolam ikan yaitu filter biologis dan mekanik.

Sistem filter biologis adalah penyaringan dengan memanfaatkan tanaman air untuk menyerap nitrat di kolam ikan koi. Contoh tanaman air yang digunakan antara lain: eceng gondok, daun kupu-kupu, melati air dan rumput payung. Sedangkan filter mekanik yaitu sistem penyaringan dengan menggunakan unit vortex dan media berupa serabut, saringan, Jap matt, foam dan kapas.

2. Pompa Kolam Ikan

Selanjutnya yang dibutuhkan untuk membuat kolam ikan koi adalah pompa. Kegunaannya untuk menyedot air yang akan dialirkan ke filter.

Peralatan ini bisa sobat sediakan sendiri atau disiapkan dari jasa pembuatan kolam ikan koi Bekasi. Jika menyediakan sendiri sobat bisa membelinya di toko ikan hias atau perlengkapan rumah. Penggunaan pompa sangat penting untuk menjaga air kolam tetap jernih dan mudah dilakukan penyaringan. Air jernih akan membuat ikan-ikan koi sehat dan tidak mudah stress.

3. Aksesoris Kolam

Aksesoris kolam seperti air mancur, air terjun atau bebatuan tidak wajib ada tapi bisa mempercantik penampilan. Selain itu juga berfungsi sebagai oksigenerator atau penambah oksigen pada air kolam. Sobat bisa memesan aksesoris kepada jasa pembuat kolam ikan. Untuk menghemat angggaran, sobat juga dapat menggunakan kendi atau gentong air sebagai aksesoris dan oksigenerator.

4. Kalkulasi Biaya Pembuatan Kolam Ikan

Terakhir yang harus sobat persiapkan tentunya biaya atau anggaran pembuatan kolam koi. Biaya pembuatan kolam bervariasi tergantung pada desain, ukuran dan kerumitannya. Kisarannya untuk per meter adalah Rp 1.500.000 hingga Rp 3.500.000. Baca juga: Ide Bisnis Modal Kecil

Estimasi biaya ini biasanya sudah termasuk jasa tukang, material dan pembuatan water wall. Untuk pompanya, jika sobat sediakan sendiri harganya sekitar Rp110.000 – Rp2.000.000. Namun apabila tidak ingin repot, sobat bisa minta disediakan sekaligus oleh jasa pembuatan kolam ikan koi Bekasi

Dalam memilih jasa pembuat kolam ikan, sobat juga harus cermat. Pilihlah yang profesional dan bisa memberikan layanan garansi serta after sales yang baik. Berikut rincian harga komponen tahun 2022 yang sobat perlukan dalam pembuatan kolam ikan:

KomponenDayaListrik (Watt) Tinggi    (Meter)Kapasitas (Liter/Jam)Harga
Pompa Filter Yamano WP-3600 1.6M201,61000Rp85.000
Pompa Filter Yamano WP-3800- 2.4M452,42000Rp125.000
Pompa Filter Yamano WF-105 3 M6033000Rp210.000
Pompa Filter Yang Yp 2800702,83000Rp245.000
Pompa Filter Yang Yp 1600251,51800Rp74.000
Pompa Filter Yamano SP-26003222000Rp75.000
Pompa Filter Yamano WP-3900 1.6M602,82500Rp132.000
Pompa Filter Hozelock Easy-Clear 9000L552,1690007,000,000
Surface Skimmer Kolam Ikan 1.5 – 3 inch   Rp160.000
Surface Skimmer Statis 4 ke 1 inch   Rp265.000
Surface Skimmer Terapung   Rp187.000
Bottom Drain 3 inci   Rp9.000.000
Bottom Drain 4 inci   Rp1.000.000
Bottom Drain Dome 3 Inci   Rp545.000

Nah itulah kalkulasi biaya yang sobat keluarkan ketika menggunakan jasa pembuatan kolam ikan koi Bekasi. Buatlah rencana yang matang mengenai desain, ornament, ukuran dan penempatan kolam sesuai dengan yang sobat miliki.

Sumber:
Maps.Google.com
Dailysuka.com
Id.berita.yahoo.com
Jamitaman.com

Tinggalkan komentar