5 Konsep Cafe Kekinian yang Memikat untuk Pelanggan Kaum Milenial

5 Konsep Cafe Kekinian yang Memikat untuk Pelanggan Kaum Milenial

Konsep cafe kekinian sangat cocok untuk Sobat yang punya tempat hang out kaum milenial. Terutama jika lokasinya berada di perkotaan atau dekat area kampus. Desain cafe yang modern dan Instagrammable bisa menjadi area yang cocok untuk konten media sosial. Berfoto dengan pakaian casual seperti kaos, jeans, dan sepatu sneakers putih yang selalu modis dengan latar suasana cafe yang keren. Pasti pelanggan Sobat betah berlama-lama dan kembali lagi.

Trend berfoto sambil menyantap makan siang, makan malam, atau sekedar berkumpul tidak pernah absen dari kehidupan anak muda sekarang. Bukan hanya soal rasa dan harga makanan, konsep cafe yang cantik dan fotogenik bisa menjadi nilai lebih dan sarana promosi gratis.

Punya konten media sosial yang keren bagi anak muda bisa meningkatkan citra diri. Bukan lagi soal gengsi, tapi juga banyak kaum muda yang melek pentingnya membuat jejak digital yang menarik sebagai “aset” yang bisa mengantarkan mereka pada karir ke depan, lho. Terutama anak muda yang ingin menjadi seorang influencer.

Jadi, wajar jika anak muda sekarang sangat termotivasi membuat media sosial mereka dihiasi foto dan caption yang oke. Salah satunya dengan berfoto saat berada di tempat makan yang keren dan menawarkan menu ciamik.

5 Ide Konsep Cafe Kekinian yang Terbukti Memikat Pelanggan Kaum Milenial

Punya cafe pasti sebuah pencapaian yang baik sebagai seorang entrepreneur. Sobat bisa menawarkan pilihan bisnis dengan konsep cafe minimalis dan modern untuk bisnis minuman sehat dan menawarkan cemilan sehat, coffee shop, dan sebagainya.

Nah, saatnya Sobat Kuliner yang menggeluti bisnis cafe, untuk menyulap interior dan eksterior tempat makan milik Sobat dengan konsep cafe kekinian. Apa saja idenya?

1. Cafe Penuh Warna dan Unik

konsep cafe kekinian yang desainnya unik dan instagrammable
Desain interior cafe yang unik dan instagrammable, dari IDNTimes.com

Ide kafe pertama adalah menyulap interiornya dengan berbagai konsep kreatif dan kaya warna. Mulai dari tulisan di dinding, lantai, kursi, dan hiasan. Ini cocok buat Sobat yang tidak ingin desain biasa dan ingin sedikit nyentrik.

Gambar dan tulisan di dinding bisa berupa kutipan atau lukisan. Biasanya, kaum muda senang kata-kata humor, santai, atau sekalian tulisan yang memiliki makna mendalam. Gambar di dinding juga bisa berupa animasi, lukisan, dan lain-lain. Begitu juga pola lantai yang bercorak. Kursi dan meja yang punya bentuk anti mainstream.

2. Mengusung Tema Tertentu

konsep cafe kekinian yang desainnya unik dan instagrammable
Cafe bertema warna pastel, dari Orami.co.id

Sobat juga bisa membuat desain cafe kekinian yang punya tema tertentu. Misalnya bertema garden, tema pantai, daur ulang, tema air, atau bertema pastel seperti pada gambar di atas.

Tema khusus memberikan ciri khas yang melekat di ingatan pengunjung. Desain yang seperti ini juga mengundang daya tarik untuk berlama-lama menyantap makanan dan minuman. Tempat menarik juga memanjakan mata dan nuansa yang membuat customer kita berlangganan dalam waku lama.

3. Konsep Cafe Minimalis

desain cafe minimalis ala Korea
Desain cafe minimalis ala Korea, dari Orami.co.id

Salah satu ide konsep cafe kekinian dari situs Orami.co.id yang bisa Sobat terapkan adalah desain cafe minimalis rumahan. Misalnya mengadopsi dari Korea yang punya nuansa kalem. Desain ini didominasi warna lembut dan efek suasana terang sehingga punya keunikan tersendiri.

Pencahayaan juga menjadi salah satu instumen penting dalam sebuah jepretan foto. Begitu juga nuansa dari konsep ala Korea ini memberikan rasa santai sehingga pengunjung betah berlama-lama di sini.

4. Cafe Bernuansa Hangat

konsep cafe kekinian bernuansa hangat
Konsep cafe kekinian bernuansa hangat, dari Rumahkuunik.com

Selain itu, ada juga rekomendasi menarik dari situs Rumahkuunik.com untuk menciptakan nuansa hangat untuk cafe yang kita miliki. Konsep ini juga merupakan ciri khas yang tidak semua tempat miliki. Konsepnya cocok untuk tempat bisnis franchise kopi terlaris yang sedang digemari anak muda saat ini.

Suasana hangat umumnya dibuat dengan ruang tertutup, warna lampu warm kekuningan, dominasi furnitur dan dinding warna cokelat. Meski begitu, tidak ada salahnya melakukan sentuhan warna lain asalkan tidak mendominasi.

Supaya lebih cantik, tambahan tanaman hias juga memberikan sentuhan segar dalam ruangan. Pastikan juga cafe dalam ruangan seperti ini punya aroma yang wangi dan nyaman. Misalnya dengan menggunakan lilin aomaterapi di sudut atau bagian tertentu. Selain membuat pemandangan yang hangan dan eksotis, manfaat lilin aromaterapi juga bisa membuat nyaman dan menghadirkan relaksasi bagi pengunjuhg cafe.

5. Konsep Cafe Transparan  

konsep cafe terbuka yang kekinian
Konsep cafe terbuka, dari IDNTimes.com

Bagaimana maksudnya? Konsep cafe kekinian lainnya adalah cafe dengan jendela terbuka dengan dinding full kaca pada bagian depannya. Tempat makan seperti ini sangat pas untuk menjadi area bersantap pagi dan siang.

Kelebihan dari konsep kafe seperti ini memberi kesan wellcome untuk pengunjung seolah secara langsung mempersilahkan masuk dan duduk di sana. Sebagai customer baru, umumnya lebih memilih tempat makan dan nongkrong yang punya akses besar ke dunia luar.

Selain itu, pencahayaan juga maksimal dari luar ruangan. Jadi tidak perlu terlalu banyak memerlukan lampu. Kecuali, malam hari tentunya.

Itulah 5 konsep cafe kekinian yang dapat diaplikasikan untuk bisnis kuliner yang ingin atau sedang Sobat rintis. Desain interior maupun eksterior yang eye cathcing dan menarik bahkan bisa menjadi sarana promosi tidak langsung. Ketika pengunjung membagikan foto mereka di media sosial, dapat mendatangkan pengunjung lain untuk datang. Selama mencoba.

Tinggalkan komentar