8 Langkah Mudah Membuka Usaha Cafe Modal 5 Juta, Pasti Cuan!

8 Langkah Mudah Membuka Usaha Cafe Modal 5 Juta, Pasti Cuan!

Sobat bisa memulai usaha cafe modal 5 juta saja, lho. Masih belum yakin? Pada saat ini, cafe bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Hal ini karena biaya usaha cafe bisa fleksibel dalam segi modalnya. Apalagi saat ini cafe menjadi incaran masyarakat untuk nongkrong dan tempat santai walau fasilitas sederhana.

Di bawah ini ada beberapa langkah yang harus Sobat ketahui untuk memulai usaha café ini. Meskipun umumnya membuat dan mendirikan bisnis seperti ini butuh modal besar, sebenarnya dengan berbagai cara bisa kita akali. Apakah dalam hal lahan, konsep, hingga kuliner yang akan ditawarkan. Temukan juga inspirasi bisnis modal kecil lainnya seperti peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta

Langkah-langkah Memulai Usaha Cafe Modal 5 Juta

Dalam memulai usaha cafe modal 5 juta memang memerlukan konsep yang sederhana, karena modal yang Sobat persiapkan tidaklah besar.

Penyebab bisnis cafe murah cukup menjanjikan adalah karena orang-orang Indonesia sangat suka nongkrong. Dengan membuat konsep yang modern tapi sederhana, Sobat bisa mulai memasarkan cafe unik untuk kaum milenial. Berikut ini ada beberapa langkah untuk memulai usaha cafe dengan modal hanya 5 juta saja.

1. Tentukanlah Tujuan Terlebih Dahulu

Dalam membuka usaha cafe modal 5 juta, Sobat harus mengetahui tujuan awalnya seperti apa. Jangan sampai tujuannya hanya untuk membuka cafe saja, namun Sobat juga harus berencana bisa mendatangkan konsumen yang banyak.

Hal tersebut dilakukan agar cafe Sobat Kuliner bisa mengalahkan cafe mewah yang dibangun dengan modal lebih banyak. Tentunya, usaha yang Sobat buat harus juga mendatangkan keuntungan ke depannya.

2. Pilihlah Tempat Usaha yang Strategis Tapi Minim Budget

Tempat usaha menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan, karena mempunyai peranan penting untuk mengembangkan usaha modal 5 juta. Apalagi jika Sobat ingin membuka usaha cafe di tengah kota pasti biaya sewanya mahal.

Apabila mempunyai budget yang lebih untuk biaya sewa tidak masalah. Namun, jika tidak ada budget lebih maka dapat membuka cafe di tempat lain yang biaya sewanya tak mahal.

Jika modalnya terbatas, bisa kok memanfaatkan area halaman rumah, sewa lahan tidak terpakai di pinggir jalan, atau membuka usaha di dekat pesawahan yang ada lalu lalang kendaraan.

Sudah banyak contoh pengusaha yang berani membuka tempat makan sederhanan di tempat seperti itu, justru bisa ramai karena punya pemandangan yang indah dan alami.

3. Tentukanlah Konsep Cafe yang Pas

Konsep cafe juga menjadi faktor yang penting agar menarik minat konsumen. Karena apabila target market Sobat adalah anak muda, maka harus membuat konsep cafe kekinian yang membuat nyaman untuk berlama-lama duduk menyantap hidangan serta mengobrol.

Jangan khawatir, Sobat dapat membuat konsep cafe mini jika modalnya sedikit. Cafe mini sendiri berukuran kecil dengan kapasitas meja bisa 4 orang. Ukuran kecil bukan soal jika punya kelebihan dari sisi lain.

Selain cafe mini, konsep pembuatan cafe cukup lapang yang hemat. Caranya adalah menggunakan furnitur, dekorasi, dan bangunan yang sederhana dan murah. Sobat bisa memakai barang bekas, dekorasi dinding banner dengan gambar yang artistik, dan sebagainya.

Jangan salah, memanfaatkan lokasi depan rumah atau area tanah yang sudah Sobat miliki juga bisa menciptakan bisnis kuliner yang menawan tanpa harus keluar banyak modal. Misalnya seperti desain cafe minimalis rumahan yang memanfaatkan halaman depan atau belakang rumah.

4. Terget Konsumen Haruslah Menengah Ke Bawah

Sebenarnya, modal 5 juta termasuk sangat hemat dalam pembuatan sebuah cafe. Meski begitu, Sobat tidak akan kehilangan pelanggan jika menarget calon customer yang tepat.

Ide yang paling pas adalah membidik konsumen menengah ke bawah karena nantinya berkaitan dengan menu yang akan Sobat tawarkan. Harga murah dan banyak pembeli harus menjadi rencana bisnis ini.

Jenis usaha cafe atau tempat nongkrong yang menyajikan menu murah meriah selalu banyak pengunjung. Namun, harus dipastikan bahwa menunya enak dan menarik. Termasuk pelayanannya juga harus menyenangkan supaya pelanggan makin betah.

5. Tentukan Menu yang Akan Dijual

Sebenarnya menu dapat Sobat susun apabila usaha cafe modal 5 juta sudah buka. Namun, tak ada salahnya Sobat merencanakannya dari awal, menu favorit apa saja yang akan ada di cafe tersebut. Selain itu, akan membuat Sobat lebih mudah untuk memperhitungkan modal yang dimiliki.

Apalagi jika Sobat ingin membuka tempat makan dengan modal hemat. Menawarkan menu yang sederhana tapi kreatif harus menjadi andalan dalam bisnis ini. Tidak menutup kemungkinan justru konsumennya lebih banyak.

Jadi bagi Sobat yang ingin membuka usaha cafe sederhana pasti tergetnya adalah orang yang suka nongkrong dan menghabiskan waktu di luar rumah. Misalnya menunya adalah kopi bubuk yang banyak dijual dipasaran. Harga hemat asal pelanggan suka.

Selain minuman kopi, ide menu cafe sederhana juga misalnya jus buah, teh hangat, se teh, aneka minuman kekinian, dan minuman favorit lain. Sobat Kuliner bisa membeli bahan baku yang berkualitas dari distributor bubuk minuman secara online maupun langsung ke lokasi terdekat.

Agar bisa menambah variasi menu, Sobat dapat menjual beberapa cemilan seperti kentang goreng, aneka gorengan dengan hidangan yang menarik, sosis goreng, roti bakar, mie instan dan jenis jualan makanan yang laku setiap hari seperti soto, bakso kuah, nasi ayam goreng, dan pilihan lainnya sesuai selera.  

6. Persiapkanlah Modal dengan Menghitung Estimasi Biayanya

Modal untuk membuka bisnis kafe modal kecil tentunya harus mengandung konsep yang Sobat inginkan. Sehingga nantinya bisa merenovasi tempat tersebut menjadi sebuah cafe yang menarik hati konsumen.

Berikut ini adalah contoh rincian modal usaha cafe 5 juta yang dapat Sobat buat. Ini adalah perumpanaan untuk membuat kedai kopi tempat nongkrong anak muda ataupun orang tua.

Contoh Peralatan Usaha Cafe

Kompor dan tabung gasRp. 500.000
Termos ( 2 buah)Rp. 200.000
Panci dan WajanRp. 300.000
Piring sendok garpu (20 set)Rp. 700.000
Meja kursiRp. 2.000.000
Lain-lainRp. 500.000

Bahan Baku untuk Menu Usaha Cafe

Mie instantRp. 100.000
Kopi sachetRp. 200.000
TelurRp. 100.000
Susu kalengRp. 100.000
Minyak gorengRp. 100.000
Roti tawarRp. 100.000
Biaya Retribusi dan keamananRp. 100.000
Total biayaRp. 5.000.000

Dengan begitu, uang Rp. 5.000.000 sudah dapat membuka bisnis café sederhana.

Rincian biaya di atas bisa lebih hemat jika sudah mempunyai peralatan seperti panci, kompor, wajan, dan lainnya. Rincian estimasi biaya usaha di atas termasuk asumsi pengeluaran jika semuanya ingin beli baru.

Namun, rincian biaya cafe di atas tidak termasuk sewa tempat atau lahan. Untuk perkiraan biaya tempat bisa beragam, apalagi jika Sobat ingin membuka emperan cafe. Maka bisa diperkiraan biaya yang dikeluarkan lebih banyak namun tetap tergantung dengan lokasi. Karena semakin strategis letak usaha, maka akan semakin mahal pula biaya sewa yang harus dikeluarkan.

Memanfaatkan lahan yang ada bisa menjadi solusi jika terbatas dalam hal modal. Seperti kita bahas di atas mengenai tempat usaha.

7. Tetap Fokus dengan Kepuasan Konsumen

Walaupun tujuan utama Sobat adalah untuk memperoleh keuntungan, namun jangan sampai konsumen merasa keberatan karena kurangnya cita rasa. Oleh karena itu, Sobat bisa menyulap hidangan sederhana dengan selalu meraciknya dengan baik.

Jangan sampai, demi hemat, kemudian menghanagatkan kembali gorengan lama. Itu beberapa kali terjadi di tempat makan murah yang sering mimin kunjungi.

Selain itu, salah satu alasan orang yang suka nongkrong di cafe karena dapat bersantai sambil menikmati internet gratis. Oleh karena itu, Sobat harus bisa menyediakan akses wifi dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini dilakukan agar pelanggan bisa betah jika berlama-lama berada di cafe milik Sobat.

8. Lakukanlah Promosi yang Bagus dan Tidak Biasa

Sebenarnya tanpa melakukan promosi Sobat bisa saja kedatangan konsumen. Namun, apabila melakukan promosi yang bagus, maka kemungkinan untuk memperoleh banyak konsumen akan lebih besar.

Salah satu cara promosi untuk usaha cafe milik Sobat adalah dimulai dengan memasang plang di depan cafe. Sobat Bisa membuat plang yang besar agar pelanggan yang belum pernah datang ke cafe bisa tertarik.

Selain itu, Sobat bisa membuat promosi yang menjadi salah satu strategi pemasaran efektif. Contohnya beli di atas Rp. 20.000 dapat es teh gratis atau secangkir kopi susu.

Jangan lupa membuat daftar menu dan harganya di depan cafe, termasuk promo harga seperti di atas. Lho, kenapa? Ini karena konsumen menengah ke bawah sangat memperhatikan kejelasan harga dan apa saja menu di dalam tempat makan tersebut sebelum memutuskan masuk ke dalam. Percaya?

Selain itu, strategi pemasaran juga hendaknya merambah dunia digital. Promosikan usaha cafe kekinian Sobat secara online. Misalnya lewat media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Sobat juga bisa mendaftarkan lokasi bisnis cafe modal kecil di Google Guide, sehingga ketika ada orang yang mencarinya bisa langsung datang ke lokasi. Semua promosi ini sifatnya gratis, pastinya.

Kreativitas promosi juga bisa terus Sobat gali. Misalnya bagaimana cara yang unik dalam menyebarkan kafe sederhana ini. Apakah dengan kata-kata lucu, humor, atau memberikan tulisan menggelitik di depan cafe.

Bisa juga dengan bergabung dalam komunitas pengusaha di kota Sobat. Ini sangat membantu dalam meningkatkan masukan, ide, hingga bantuan promosi juga. Coba saja.

Memang banyak sekali kegagalan dalam membuka cafe, hal ini bukan karena berasal dari modal saja namun akibat dari mewahnya cafe. Selain itu, karena tidak adanya daya tarik pembeli. Selama dapat memancing pelanggan untuk datang terus ke cafe dan mencoba tips di atas, maka usaha cafe modal 5 juta bisa sukses.

Tinggalkan komentar